Pengertian Pamong Praja

0
3168

Asal kata “pamong” berasal daribahasa Jawa “among” atau “emong” yang artinya adalah mengasuh atau membimbing atau mendidik. Dari kata among atau emong kemudian menjadi pengamong atau pengemong artinya orang yang mengasuh atau orang yang membimbing atau orang yang mendidik.

Adapun istilah “praja” berasal dari bahasa Jawa kuno yang diartikan kerajaan atau negara, misalnya Praja Ngamarto artinya Kerajaan Ngamarto atau pendovvo. Jadi secara asal kata pamong praja diartikan sebagai :
1. Pembimbing kerajaan,
2. Pengasuh negara,
3. Pendidik negara.

Dalam sejarah tercatat bahwa kata among merupakan metode terkenal sebagai Pendidikan Nasional Taman Siswo yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantoro di Yogyakarta tanggal 3 Juli 1892.

Menurut KBBI, Pamong Praja berarti pegawai Negeri yang mengurus pemerintahan Negara. Dalam Kamus Indonesia-Inggris diterjemahkan Pamong Praja sebagai Civil Service. Jadi Pamong Praja dapat diartikan sebagai pengasuh pemerintahan, atau abdi masyarakat.

Lebih jauh dijelaskan, bahawa Pamong praja adalah sektor pemerintah terutama terdiri dari birokrat karier yang diangkat berdasarkan cara profesional daripada ditunjuk atau dipilih, dimana masa jabatan institusional biasanya bertahan dalam transisi kepemimpinan politik. Seorang pegawai negeri adalah orang yang bekerja di sektor publik pada sebuah departemen atau instansi pemerintah. Sejauh mana pegawai negeri sipil suatu negara dianggap sebagai bagian dari “civil service” bervariasi dari negara ke negara. Di Inggris, misalnya, hanya pegawai Crown (pemerintah nasional) yang disebut sebagai pegawai negeri sipil sedangkan pegawai kabupaten atau kota, tidak.

Banyak yang menganggap belajar layanan adalah menjadi bagian dari bidang administrasi publik. Pekerja di “badan-badan publik non departemen” (kadang-kadang disebut “Quangos”) juga dapat digolongkan sebagai pegawai negeri sipil untuk tujuan statistik dan mungkin untuk syarat dan ketentuan mereka. Secara kolektif pegawai negeri sipil suatu negara membentuk pamong praja atau pelayanan publik.

Pegawai sipil internasional atau anggota anggota staf internasional adalah pegawai sipil yang dipekerjakan oleh sebuah organisasi antar-pemerintah. Pegawai negeri internasional ini tidak menggunakan undang-undang nasional (dari mana mereka memiliki kekebalan dari yurisdiksi) tetapi diatur oleh peraturan staf internal. Semua sengketa yang berkaitan dengan layanan sipil internasional dibawa ke hadapan pengadilan khusus yang dibuat oleh organisasi-organisasi internasional seperti, misalnya, Pengadilan Administratif dari ILO.

Rujukan khusus dapat diajukan ke Komisi Pelayanan Sipil Internasional (ICSC) Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebuah badan ahli independen yang dibentuk oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Mandatnya adalah mengatur dan mengkoordinasikan kondisi pelayanan staf di sistem umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, sambil mempromosikan dan mempertahankan standar tinggi dalam layanan sipil internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here