Jumat, 25 September 2020

Mengenal Pos Pelayanan Terpadu Baruga “Sao Masiga” Kabupaten Bone

Saat ini, Kabupaten Bone memiliki sebuah pos pelayanan terpadu.
Baruga “Sao Masiga”, atau pusat pos pelayanan terpadu ini beralamat di Jl. Ahmad Yani Kelurahan Jeppe’e Kabupaten Bone.
Pos pengaduan Sao Masiga diresmikan langsung oleh bapak Bupati Bone, H.A. Fahsar M. Padjalangi, pada bulan Mei 2019.

Keterbatasan masyarakat Bone dalam mengakses informasi atau pusat pengaduan menjadi landasan utama terbentuknya Baruga “Sao Masiga” Kabupaten Bone.
Pos Layanan Terpadu tersebut diberi nama “Sao Masiga” yang jika diartikan bisa bermakna Sao adalah istana, sebuah tempat tinggal atau rumah yang besar.
Sedangkan Masiga jika diterjemahkan berarti cepat tanggap/sigap dalam melaksanakan sesuatu. Sehingga “Sao Masiga” bisa diartikan Rumah tanggap/sigap.

Pengoptimalan Pos Layanan “Sao Masiga” dipertegas dengan lahirnya Peraturan Bupati Bone Nomor 16 tahun 2019 tentang Pembentukan Pos Layanan Terpadu Masyarakat “Sao Masiga”. Adapun tujuan utama Pos Layanan “Sao Masiga” sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Bupati tersebut adalah:
1. Mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat untuk menangani bencana, kerawanan gangguan, kantibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dan keadaan gawat darurat.
2. mempermudah masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan layanan gawat darurat (emergency),
3. mempermudah koordinasi penanganan bencana, kerawanan gangguan kantibmas dan keadaan gawat darurat dengan perangkat daerah instansi pemerintah dan instanmsi lain yang terkait.

Keberadaan Pos Layanan “Sao Masiga” menjadi pusat sinergi layanan yang mengakomodir beberapa instansi pemerintah yang termuat dalam Perbup. No 16 tahun 2019 ini:
1. Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bone;
2. Dinas Kesehatan Kabupaten Bone;
3. RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone;
4. RSUD Pancaitana Kabupaten Bone;
5. Dinas Sosial Kabupaten Bone;
6. Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone’
7. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bone; dan
8. Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone.

Beberapa layanan yang menjadi fungsi dari “Sao Masiga” antara lain:
1. Pelayanan informasi kegawatdaruratan;
2. Pelayanan kesehatan gawat darurat;
3. Penyelamatan dalam keadaan gawat darurat;
4. Penanganan bencana kebakaran;
5. Penanganan keadaan terkait kebencanaan, dan
6. Penanganan kejadian kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi pelaksanan dalam “Sao Masiga”, menyediakan penyelenggaraan atau layanan yang berlangsung selama 24 jam dalam 7 hari dalam seminggu secara terus menerus, sesuai dengan tugas, fungsi, kewenangan dan tanggung jawab serta penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) masing-masing SKPD.

Adapun untuk pelaksanaan pelayanan dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, dalam melaksankan tugas dan tanggung jawab pada Pos Pelayanan “Sao Masiga” adalah menyediakan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia untuk penyelamatan manusia korban bencana dan kegawatdaruratan keamanan dan ketertiban masyarakat.
Pelayananan yang diberikan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, akan terus menjadi monitoring oleh SKPD Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone serta evaluasi untuk menjadi pertimbangan dalam hal perbaikan dan peningkatan layanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Untuk hal yang bersifat emergency, masyarakat dapat segera melakukan pengaduan sebagai informasi sesuai dengan tujuan dari Pos Pelayanan “Sao Masiga” Kabupaten Bone. Karena esensi dari “Sao Masiga” adalah pelayanan maksimal kepada masyarakat, sehingga menjadi output-nya adalah terbentuk sinergitas yang konsisten dan membuat Pos Pelayanan “Sao Masiga” sebagai pusat Sosial Kemasyarakatan di Kabupaten Bone.

Agar bisa menghubungi Posko Layanan Sao Masiga cukup menekan tombol Handphone untuk memanggil maka tambahkan kode area wilayah Bone, yaitu 0481-112 dan jika menggunakan telepon statis (telepon rumah) cukup hanya menekan 112 dan beroperasi dalam 24 jam dalam seminggu dan dapat diakses dari semua operator. Fasilitas yang tersedia di Pos Pelayanan “Sao Masiga” tersedia, Ambulace, Mobil Pemadam Kebakaran, Mobil Patroli/Dalmas Satuan Polisi selama 24 jam. Pamong Praja Kabupaten Bone, dengan masing-masing pelayanan dapat melayani pengaduan.

Sedangkan untuk semua biaya opersional dalam Pos Pelayanan “Sao Masiga” dibebankan kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Bone yang dianggrakan pada masing-masing Perangkat Daerah serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Latest Posts

Satpol PP Kab. Bone Mulai Mensosialisasikan Peraturan Bupati Bone Nomor 37 Tahun 2020

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone kembali mendapat tugas...

Menyambut HUT RI Ke 75, Satpol PP Kab. Bone Kibarkan Bendera Merah Putih Di Puncak Gunung Bahonlangi

Satpolpp.bone.go.id- Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone melaksanakan...

Satpol PP Kab. Bone Siap Sukseskan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Bersama Kodim/1407 Bone

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone siap dalam pelaksanaan...

Satpol PP Kab. Bone Siap Kerahkan Pasukan Pengamanan Idul Adha Di Mesjid Al-Markaz Al-Ma’arif

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersiap untuk...

Peduli Bencana Bone Utara, Satpol PP Kab. Bone Support Baznas Bone

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone terus support...