Jumat, 25 September 2020

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone Mengadakan Sosialisasi Bahaya Kanker dan Tumor

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone bekerja sama dengan Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) melaksanakan proses sosialisasi bahaya Kanker dan Tumor. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, Jalan Ahmad Yani Kelurahan Macanang Kabupaten Bone, Selasa 13 Agustus 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh pegawai yang ada di lingkup Sekretariat Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone. Kegiatan penyuluhan ini dipandu oleh ibu Hj. A. Nurhasnah Bintang, S.Pd (Kepala Seksi Kewaspadaan Dini) selaku moderator. Hadir pada kegiatan ini Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Bone, Bapak Dr. H.A Sumardi Suaib, MM., sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Kasatpol PP dalam sambutannya menekankan akan pentinganya pola hidup yang sehat. Karena dengan hidup sehat akan memudahkan kita dalam beraktivitas sehari-hari dan tentunya memudahkan para pegawai khususnya yang ada di lingkup Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone dalam melaksanakan tugas-tugas di kantor.

Pihak Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) yang menjadi pemateri diwakili oleh ibu Sulistiawati Rahman, S.KM. Pada kegiatan sosialisasi penyuluhan kesehatan Kanker dan Tumor tersebut menyampaikan beberapa informasi. Minimnya informasi yang diterima oleh masyarakat mengenai bahaya Tumor dan Kanker menjadi kendala dalam hal penanganan penyakit tersebut. Oleh karena itu, Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) merasa sangat penting untuk berkerja sama dengan semua pihak dalam menanggulangi besarnya resiko dari Tumor dan Kanker.

Adapun cakupan materi yang diberikan pada kesempatan tersebut diantaranya:
1. Pengenalan terhadap penyakit Kanker dan Tumor,
2. Faktor-faktor penyebab terjadinya penyakit Kanker dan Tumor.
3. Mengenali dan mendeteksi gejala awal Kanker Paru-Paru, Kanker Prostat, Kanker Rahim
dan Kanker Payudara,
4. Cara hemat dan sehat menghindari penyakit Kanker dan Tumor.

Suasana penyajian materi dari pihak Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia

Hal lain yang disampaikan pada kegiatan penyuluhan adalah beberapa faktor pemicu lahirnya Kanker disebabkan oleh:
– Faktor genetik yang kemungkinannya bisa mencapai 30%.
– Faktor kimia seperti udara beracun atau polusi.
– Faktor Fisika seperti gelombang radiasi dari Handphone, komputer dan elektronik lainnya.
– Faktor lain adalah dari makanan dan minuman khususnya makanan berpengawet.
– Faktor gaya hidup yang tidak sehat.
– Faktor virus, khususnya hepatitis B.

Untuk tindakan pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit Tumor dan Kanker menurut Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) adalah  bagaimana kita memperbaiki pola makan yang teratur, konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran, hindari makanan yang berlemak tinggi, hindari atau kurangi makanan yang berpengawet dan yang paling penting adalah menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan suntik kekebalan tubuh secara berkala untuk mengantisipasi virus agar terhindar dari penyakit Tumor dan Kanker.

Pada penyuluhan ini, juga disampaikan beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk tindakan pengobatan dalam penyakit Tumor dan Kanker. Salah satu tanaman yang dianggap mampu menjadi obat Kanker adalah Temu Putih. Temu Putih saat ini sudah banyak digunakan untuk mencegah maupun mengobagi penyakit Kanker. Penggunaan tanaman tradisional juga cukup membantu dalam proses penyembuhan orang yang mengidap penyakit Kanker ataupun Tumor baik tumor jinak maupun ganas.

Sesi akhir penyuluhan ini dilakukan tanya jawab, dimana anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone yang hadir cukup antusias dalam bertanya mengenai materi yang dibawakan, khususnya dalam hal pencegahan dan pengobatan dari penyakir Tumor dan Kanker, serta gejala-gejala awal penyakit kanker yang sering diabaikan. Peserta merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini, karena dapat mengenal penyebab dan gejala-gejala awal dari penyakit Tumor dan Kanker serta tindakan pencegahan maupun tindakan pengobatan yang harus dilakukan.

Latest Posts

Satpol PP Kab. Bone Mulai Mensosialisasikan Peraturan Bupati Bone Nomor 37 Tahun 2020

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone kembali mendapat tugas...

Menyambut HUT RI Ke 75, Satpol PP Kab. Bone Kibarkan Bendera Merah Putih Di Puncak Gunung Bahonlangi

Satpolpp.bone.go.id- Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone melaksanakan...

Satpol PP Kab. Bone Siap Sukseskan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Bersama Kodim/1407 Bone

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone siap dalam pelaksanaan...

Satpol PP Kab. Bone Siap Kerahkan Pasukan Pengamanan Idul Adha Di Mesjid Al-Markaz Al-Ma’arif

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersiap untuk...

Peduli Bencana Bone Utara, Satpol PP Kab. Bone Support Baznas Bone

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone terus support...