Sosialisasi Pemberantasan Pajak Atau Cukai Rokok Ilegal 2019 Oleh Satpol PP Kabupaten Bone

0
123

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone terus mengadakan upaya pemberantasan pajak atau Cukai rokok ilegal yang selama ini masih marak ditemui di lapangan. Upaya ini dilakukan dengan Kegiatan Sosialisasi Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal Tahun 2019 oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, yang dilaksanakan di Hotel Novena Kabupaten Bone, Selasa (22 Oktober 2019).

Sosialisasi Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal Tahun 2019 ini dibuka langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone, H. Andi Surya Darma, S.E., M.Si. Dimana dalam sambutannya, mengharapkan adanya persamaan pemahaman atau persepsi mengenai regulasi dan sanksi dalam hal tindak lanjut pemberantasan pajak/ cukai rokok ilegal yang ada di Kabupaten Bone.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bone (H. A. Surya Darma, S.E., M.Si) saat membuka Sosialisasi Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal Tahun 2019

Peserta kegiatan Sosialisasi Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal Tahun 2019 oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone terdiri dari beberapa kalangan, mulai dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, beberapa Instansi yang ada dilingkup Pemda Bone, utusan kecamatan, produsen rokok dan pengecer rokok yang ada di Kabupaten Bone dan beberapa instansi seperti Kejaksaan Negeri Kabupaten Bone, Bea Cukai Makassar serta Polres Bone.

Kegiatan Sosialisasi Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal Tahun 2019 oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang dilakukan sebelumnya yakni Penegakan dan Pengawasan Peredaran Rokok Ilegal dengan turun langsung melakukan operasi di beberapa kecamatan. Hal ini dilakukan dalam hal penegakan  peraturan daerah mengenai cukai ilegal dalam hal ini rokok ilegal yang tidak memiliki pajak/cukai dan juga yang menggunakan cukai ilegal (palsu).

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber dari beberapa kalangan. Untuk pemateri pertama dari Kantor Bea dan Cukai Makassar, yang dibawakan oleh Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai, Bapak Daarmi Ali, S.Ipem., yang menyampaikan mengenai ketentuan cukai, jenis barang kena cukai, ciri rokok ilegal dan identifikasi pita cukai. Kemudian pemateri kedua oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Bone, Bapak Drs. Andi Gunadil Ukra, M.M, yang menekankan tugas pemerintah daerah dalam pemberantasan cukai/rokok ilegal dan juga manfaat cukai rokok bagi pembangunan daerah. Untuk pemateri terakhir oleh Kanit Ekonomi Polres Bone, Bapak Ipda Dodie Ramaputra, S.H., M.H., yang mewakili Kapolres Bone, menyampaikan tentang Sinergitas Kepolisian dalam hal ini Polres Bone dengan instansi terkait dalam upaya Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal.

Kasatpol PP Bone (A. Akbar, S.Pd., M.Pd) memberikan arahan dalam Sosialisasi Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal di Novena Hotel

Kegiatan ini ditutup dengan dilakukan sesi tanya jawab dengan peserta yang hadir. Beberapa peserta mempertanyakan mengenai pengaduan jika mendapat rokok yang terindikasi ilegal serta bagaimana cara proses pengaduan dan juga instansi terkait dalam pemberantasan pajak/ cukai rokok ilegal.

Kegiatan Sosialisasi ini selain dilaksanakan di Hotel Novena, juga akan dilaksanakan di dua titik lain yakni di Kecamatan Kajuara pada hari Rabu, 23 Oktober 2019 dan juga di Kecamatan Bengo pada hari Kamis, 24 Oktober 2019. Kegiatan ini juga dilakukan di dua kecamatan tersebut karena luasnya area dalam melakukan kegiatan Sosialisasi Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal Tahun 2019 ini. Kegiatan di dua titik tersebut juga akan menghadirkan para produsen dan pengecer rokok sebagai sasaran utama kegiatan sosialisasi ini.

Kegiatan Sosialisasi Pemberantasan Pajak/ Cukai Rokok Ilegal Tahun 2019 oleh Satpol PP Kabupaten Bone di Hotel Novena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here