Jumat, 25 September 2020

Operasi Penertiban Pasar Mare oleh Satpol PP Kab. Bone bersama Pemerintah Kec. Mare

Satpolpp.bone.go.id– Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone, kembali melaksanakan tugas Pengamanan dan Penertiban Pedagang di Pasar Mare pada selasa, 29 Oktober 2019. Hal ini berdasar dari Surat Tugas yang diberikan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Bone, Bapak A. Akbar, S.Pd,. M.Pd.

Anggota Satpol PP Kabupaten Bone yang bertugas berjumlah kurang lebih 41 anggota yang melaksanakan tugas dibawah koordinator Plt. Kasi Pengawasan Perda (Peraturan Daerah), A. Saharifuddin, S.H. M.Si. Selain anggota Satpol PP, juga turut pegawai dari Kantor Kecamatan Mare dan juga anggota kepolisian dari Polsek Mare.

Anggota Satpol PP bersama Pemerintah Kecamatan Mare dalam Operasi Penertiban Pasar Mare

Kegiatan pengamanan dan penertiban pedagang di Pasar Mare dilaksanakan karena banyaknya aduan dari masyarakat dan atas permintaan dari pemerintah Kecamatan dikarenakan banyaknya pedagang yang berjualan di bahu jalan. Hal ini cukup mengganggu arus lalu lintas di jalan Poros Bone-Sinjai, yang merupakan salah satu jalan yang  cukup ramai karena menghubungkan beberapa kabupaten.

Kegiatan ini dilaksankan tepatnya di jalan Poros Sinjai, kelurahan Padaelo Kecamatan Mare. Kegiatan ini menitikberatkan pada penertiban Parkir Pasar Mare, dimana ditemukan banyaknya masyarakat atau pedagang yang melakukan transaksi jual beli di tempat yang bukan penempatannya atau peruntukannya di kompleks Pasar Mare atau melakukan jual beli di bahu jalan yang merupakan jalan poros.

Penertiban Pedagang Pasar Mare yang berjualan luar peruntukan

Sehingga berdasar tinjauan anggota Satpol PP Kabupaten Bone bersama pemerintah Kecamatan Mare dan anggota Polsek Mare, maka dilakukan penataan dan penertiban terhadap masyarakat/ pedagang yang mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat. Sehingga dilakukan kebijakan dengan relokasi dengan memindahkan dagangan ke area pasar yang sesuai dengan peruntukannya atau bergeser ke dalam area pasar Mare.

Selain dilakukan penataan dan penertiban, para pedagang yang ditertibkan juga diberikan sosialisasi mengendai Peraturan Daerah (Perda)  Kabupaten Bone No. 13 tentang Ketertiban dan  Ketentraman Masyarakat bagi Pedagang khususnya Pedagang Kaki Lima (PKL). Dari kegiatan penertiban ini dilakukan peringatan untuk tidak melakukan lagi kegiatan jual beli yang bukan peruntukannya di Pasar Mare. Hal ini juga diharapkan bagi pedagang agar dapat menaati aturan Perda yang berlaku agar tidak dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bone No. 13 tentang Ketertiban dan  Ketentraman Masyarakat.

Dari kegiatan ini, data yang sempat dikumpulkan anggota Satpol PP Kab. Bone, terdapat kurang lebih 17 pedagang yang menjual tidak pada lokasi yang diperuntukkan sesuai dengan berita acara yang dibuat oleh anggota Satpol PP Kab. Bone bersama Camat Mare kab. Bone.

Latest Posts

Satpol PP Kab. Bone Mulai Mensosialisasikan Peraturan Bupati Bone Nomor 37 Tahun 2020

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone kembali mendapat tugas...

Menyambut HUT RI Ke 75, Satpol PP Kab. Bone Kibarkan Bendera Merah Putih Di Puncak Gunung Bahonlangi

Satpolpp.bone.go.id- Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone melaksanakan...

Satpol PP Kab. Bone Siap Sukseskan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Bersama Kodim/1407 Bone

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone siap dalam pelaksanaan...

Satpol PP Kab. Bone Siap Kerahkan Pasukan Pengamanan Idul Adha Di Mesjid Al-Markaz Al-Ma’arif

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersiap untuk...

Peduli Bencana Bone Utara, Satpol PP Kab. Bone Support Baznas Bone

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone terus support...