Kamis, 9 Juli 2020

Satpol PP Kab. Bone Terus Giat Dalam Penegakan Peraturan Daerah Menjelang Ramadan

Satpolpp.bone.go.id- Ditengah merebaknya Covid-19, Satuan Polisi Pamong Praja tidak menurunkan semangat dalam hal Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah di Kabupaten Bone. Pada Hari Ini Senin, 20/04/2020, Satuan Polisi Pamong Praja  melaksanakan apel di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kab Bone, bersama seluruh jajaran anggota, yang dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Bone, Bapak  A. Akbar, S.Pd.,M.Pd.

A. Akbar, S.Pd.,M.Pd., dalam sambutan apel sebelum giat penertiban menyampaikan beberapa hal:

Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Bone melaksanakan apel sebelum melakukan penertiban yang dimpimpin langsung Kasatpol PP (A. Akbar, S.Pd., M.Pd)

– Satuan Polisi Pamong Praja bertugas setiap harinya tetap akan melaksanakan tugas, secara rutin.

– Kasatpol PP Kab. Bone terus memberi dukungan kepada semua anggota dalam bekerja melakukan penertiban di beberapa tempat termasuk tempat-tempat yang dianggap melakukan pelanggaran tentang Peraturan Daerah yang sudah ditetapkan pemerintah khususnya penggunaan trotoar dan penggunaan tempat-tempat umum yang tidak seharusnya dilakukan oleh masyarakat karena bertentangan dengan Peraturan Daerah No. 13 Tahun 2016 Tentang Ketentraman Dan Ketertiban Umum.

– Saat melaksanakan aturan sesuai dengan hal-hal yang menjadi tanggung jawab kita semua, hari ini kita akan kembali seperti biasa setiap hari sebelumnya sesuai tupoksi kita untuk melaksanakan tugas penertiban beberapa tempat dan yang paling penting adalah jaga kesehatan dan keselamatan teman-teman secara pribadi.

Setelah melaksanan Apel dalam hal konsolidasi anggota yang menjadi agenda rutin Satuan Polisi Pamong Praja, regu yang bertugas kemudian bergerak di seputaran Jalan Besse Kajuara, Kel.Jeppe,e, Kec.Tanete Riattang Barat, Kab Bone untuk melaksanakan Penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima dan Penjual yang menempati Trotoar jalan.  Dimana sebelumnya, anggota dari Satuan Polisi Pamong Praja sudah rutin memberikan sosialisasi dan himbauan kepada PKL dan Pedagang yang tetap membuka lapak di atas Trotoar jalan.

Jalan Besse Kajuara Kel.Jeppe,e, Kec.Tanete Riattang Barat, Kab Bone, selama ini menjadi salah satu ruas jalan yang banyak digunakan oleh PKL dan Pedagang lain untuk berjualan. Namun dari kondisi ini, menimbulkan kemacetan dan kesembrawutan jalan tersebut. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja melakukan tindakan penertiban kepada lapak-lapak yang sudah pernah diberi peringatan beberapa kali oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja.  Satuan Polisi Pamong Praja Melakukan Penertiban kepada lapak-lapak yang menggunakan Trotoar sebagai Tempat Penjualan yang mana tempat tersebut bagian dari pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) No: 13 Tahun 2016, TENTANG PENERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT khususnya Pasal : 7 Ayat (3) dan Pasal: 20 Ayat (20).

Satuan Polisi Pamong Praja melakukan penertiban di jalan Besse Kajuara, Kelurahan Macege bersama Camat Tanete Riattang

Setelah melakukan penertiban di Jalan Besse Kajuara, Satuan Polisi Pamong Praja melanjutkan Penertiban Lapak-Lapak yang berada di ruas Jl. Sulawesi dan Jl. Ternate, Kel. Jeppe,e. Di Jalan Sulawesi, tepatnya di sebelah SMAN 1 Watampone, didapati masih banyak lapak-lapak yang sebelumnya sudah diberi peringatan karena menggunakan ruas jalan sehingga mempersempit jalan raya di lokasi tersebut. Lebih parah lagi, masih banyak ditemukan di lapangan kios-kios permanen yang dibuat dengan mengecor kontainer di bahu jalan atau trotoar. Karena kesulitan membongkar kios permanen, untuk sementara Satuan Polisi Pamong Praja melakukan pendataan terhadap pemilik kios tersebut dan melakukan penyegelan yang berada di atas bahu jalan tanpa memiliki izin dari pemerintah setempat.

Pelaksanaan Penertiban Peraturan Daerah ini  dipimpinan langsung Kasatpol PP Kab. Bone, bapak A.Akbar, S.Pd.,M.Pd., dengan melibatkan dan berkoordinasi langsung dengan instansi terkait. Hadir langsung dalam kegiatan ini Camat Tanete Riattang :  Bapak A. Aksi, S.Sos, Sekcam Tanete Riattang Barat, Bapak H.Syamsul Bahri, S.Sos.,M.M. Lurah Macege (Plt): H. Ayub Batin serta pendampingan dari Anggota Kodim 1407 Bone.

Kegiatan Penertiban Trotoar Jalan di Jl. Besse Kajuara

Dalam penertiban ini, Kasatpol PP Kab. Bone, A. Akbar.S.Pd.,M.Pd, menjelaskan kepada para pedagang bahwa penertiban tersebut berdasar pada Perda nomor 13 Tahun 2016, Tentang Ketertiban Umum Dan Ketentraman Masyarakat.

“Kami tidak akan melarang bapak untuk berjualan, hanya saja jangan merampas hak pejalan kaki, kasihan para pejalan kaki ini, pemerintah membangun trotoar untuk pejalan kaki bukan untuk berjualan dan juga tidak akan segan – segan untuk memberikan sanksi yang lebih tegas bila nanti para pedagang tersebut tetap nekat untuk menggelar dagangannya menggunakan trotoar.

“pejalan kaki dan pengguna jalan setiap hari harus terjebak kemacetan karna sebagian fasilitas yang mereka punya harus dirampas sama tenda yang bapak buat,”jelas Kasatpol PP Kab. Bone.

Ia juga mengaku, pihaknya tidak akan tebang pilih dalam melakukan penertiban pedagang kaki lima yang dinilai merampas hak pejalan kaki.

Latest Posts

Satpol PP Kabupaten Bone, Kembali Jemput TKI Migran Asal Malaysia

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersama Tim Satuan...

Gerakan Kuat Dengan Zakat dan Infak, Baznas Syiar ZIS bersama Satpol PP Kab. Bone

Satpolpp.bone.go.id- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone menggandeng...

Misi Kemanusiaan, Satpol PP Pimpin Tim Khusus Kab Bone dalam Penjemputan TKI Asal Malaysia

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersama  Tim Khusus...

Kolaborasi Satpol PP Dan Pengurus PGRI Kab. Bone Berbagi Paket Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone...