Kamis, 9 Juli 2020

Komentar melecehkan Satpol PP di Medsos, Pemilik Akun Dipanggil dan Diperiksa Pihak Satpol PP Kab. Bone

Satpolpp.bone.go.id- Proses pemutusan mata rantai pandemi Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah melalui berbagai lintas instansi dalam efektivitas penerapan kebijakan dari pemerintah. Tapi proses tersebut banyak disalah artikan oleh masyarakat khususnya pengguna media sosial. Pada hari minggu (26/04/2020) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Bone terpaksa melakukan panggilan terhadap salah seorang pengguna jaringan media sosial karena merasa keberatan oleh pemilik akun atas nama “Caesar Yakuza” di media sosial facebook.

Komentar pemilik akun tersebut diunggah melalui komentar dari sebuah video yang beredar dan terkesan memojokkan instansi Satpol PP dalam hal upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang ditujukan kepada Satpol PP oleh akun yang bernama Caesar Yakuza, dengan menuliskan “Dasar polisi palsu bgt memang makin ketat alasanx blg demi putus rantai virus itu alasanji krn memang senang klo tdk sholat tarwi krn memang takut masuk d mesjid Semoga yg senang dan mendukung mesjid d tutup semoga aja dia bisa bahagia dunia akhirat”, berdasar komentar yang berhasil dilacak oleh anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Bone.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kab. Bone (A. Saharifuddin, S.H., M.Si) Melakukan pemeriksaan terhadap pemilik akun yang dianggap melecehkan pihak Satpol PP

Maraknya himbauan untuk tidak melaksanakan shalat berjamaah di Mesjid memang menjadi polemik dan pro kontra dimasyarakat, terlebih di momen bulan suci Ramadhan. Dengan banyaknya jumlah orang yang berkumpul di tempat ibadah, tentu menjadi kekhawatiran dalam penyebaran Covid-19 yang massif, sehingga banyak dihimbau untuk melaksankan ibadah di rumah masing-masing. Tetapi hal tersebut ditanggapi berbeda dan terkesan melecehkan pihak Satpol PP dalam melaksanakan tugas penanganan penyebaran virus Corona yang sedang mewabah di berbagai wilayah.

Sehingga komentar akun tersebut membuat Satpol PP Kab. Bone bertindak dalam memberikan edukasi atau pembinaan kepada pemilik akun. Diketahui pemilik akun Caesar Yakuza adalah Rusdan, warga Gemmi, Desa Bengo, Kecamatan Bengo Kab.Bone.

Berdasar komentar yang diunggah di akun facebook tersebut, Satpol PP Kab. Bone memanggil dan meminta klarifikasi kepada Rusdan mengenai maksud dari postingan yang memprovokasi dan memojokkan pihak Satuan Polisi Pamong Praja dalam menjalankan tugas memutus penyebaran Covid-19 tersebut.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kabupaten Bone, A. Saharifuddin, SH.,M.Si,  kemudian memanggil dan memeriksan pemilik akun karena dianggap  mencemarkan nama baik Instansi Satpol PP. Setelah memeriksa dan menerima klarifikasi yang bersangkutan, dan akhirnya saudara Rusdan pun memberi keterangan sekaligus meminta maaf kepada pihak Satuan Polisi Pamong Praja atas tindakannnya yang tidak memikirkan efek serta tidak memahami pelaksanaan tugas aparat khususnya Satuan Polisi Pamong Praja dalam melaksanakan kerja penanganan Covid-19.

Kasatpol PP Kab. Bone (A. Akbar, S.Pd., M.Pd) memberikan pembinaan kepada pemilik akun, untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya

Setelah dilakukan pembinaan dan memberi pengertian dan juga sebagai efek jera terhadap hal-hal yang tidak sepatutnya di upload di media sosial dan meminta saudara Rusdan untuk segera mengklarifikasi dan meminta maaf di akun media sosial miliknya, pihak Satpol PP Kab. Bone dapat memakluminya karena ketidak pahaman yang bersangkutan terhadap  undang-undang IT tentang pencemaran nama baik Institusi.

Kepala Satuan Pol PP Kab. Bone,  A. Akbar, S.Pd., M.Pd yang kemudian datang menemui dan memberi pembinaan kepada yang bersangkutan di Posko Terpadu Patroli Gabungan Trantibmas Bulan Suci Ramadhan Kab. Bone, sudah menerima klarifikasi dan kekeliruan dan yang bersangkutan juga mengakui kesalahan yang diperbuat serta berjanji untuk tidak mengulanginya kembali.

Latest Posts

Satpol PP Kabupaten Bone, Kembali Jemput TKI Migran Asal Malaysia

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersama Tim Satuan...

Gerakan Kuat Dengan Zakat dan Infak, Baznas Syiar ZIS bersama Satpol PP Kab. Bone

Satpolpp.bone.go.id- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone menggandeng...

Misi Kemanusiaan, Satpol PP Pimpin Tim Khusus Kab Bone dalam Penjemputan TKI Asal Malaysia

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersama  Tim Khusus...

Kolaborasi Satpol PP Dan Pengurus PGRI Kab. Bone Berbagi Paket Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone...