Jumat, 25 September 2020

Misi Kemanusiaan, Satpol PP Pimpin Tim Khusus Kab Bone dalam Penjemputan TKI Asal Malaysia

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersama  Tim Khusus atau Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Dan Pencegahan Covid-19 (PPC-19) Kab. Bone melaksanakan penjemputan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran asal Indonesia yang dipulangkan dari Malaysia, pada Jumat 26/06/2020 di Pelabuhan Nusantara, Kota Pare-Pare.

Proses pemulangan Tenaga Kerja Indonesia tersebut, merupakan proses pemulangan tahap ke tiga. Dimana sebelumnya sudah pernah dilakukan penjemputan/ pemulangan para TKI yang berasal dari Malaysia tersebut. Pemulangan para TKI ini dikarenakan beberapa hal seperti kasus kriminal di daerah kerja, kasus narkoba, overstay di Malaysia dan mayoritas karena menjadi Tenaga Kerja ilegal di Malaysia. Proses pemulangan ini dilakukan oleh gabungan Instansi yang tergabung Tim Khusus (Satgas PPC-19) yang dipimpin oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja kab. Bone, A. Akbar., S,Pd., M.Pd.

Kasatpol PP Kab. Bone (A. Akbar., S. Pd., M.Pd) didampingi Wakanit Dalmas Satpol PP (Hendra Saputra), saat melakukan pendataan WNI yang dipulangkan dari Malaysia di pelabuhan Nusantara Kota Pare-Pare.

Misi kemanuasiaan ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat khususnya warga Kab. Bone sendiri. Dimana para TKI tidak memiliki kejelasan pekejaan dan tempat tinggal karena merupakan Pekerja Migran, setelah Pemerintah Negera Bagian Sabah, melakukan lockdown terhadap TKI ilegal akibat pandemi Corona.  Karena ketidakjelasan tersebut, pemerintah memulangkan TKI Migran ke daerah masing-masing melalui Pelabuhan Nunukan Kalimantan Utara, yang merupakan perbatasan dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia.

Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Bone bersama Tim PPC-19 yang dipimpin langsung Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kab. Bone, Bapak A. Akbar, S.Pd., M.Pd., melakukan pendataan bersama Tim Satgas PPC kab. Bone sebelum langsung dipulangkan ke Kabupaten Bone. Tim Satgas tetap melakukan penerapan Protokol Kesehatan dalam misi kemanusiaan ini, dengan melakukan serangkai rapid test di Kabupaten Nunukan sebelum diberangkatkan ke Kota Pare-Pare, untuk langsung dijemput kembali ke Kabupaten Bone dengan dilengkapi dokumen bukti kesehatan dari pemeriksaan sebelumnya. Dan setelah tiba di Bone akan tetap dilakukan pemeriksaan dan screening sebelum diizinkan pulang ke kediaman masing-masing. Sedangkan bagi TKI yang dipulangkan dan memiliki gejala Covid-19 akan dilakukan Protap Kesehatan berupa isolasi selama 14 hari.

Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Bone bersama Tim Khusus penjemputan ini (PPC-19), selain dalam rangkah kemanusiaan yang merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam melindungi warga Bone, juga merupakan langkah pemerintah Kabupaten Bone dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 ya ng masih terus bertambah.

Suasana Apel Penjemputan TKI Migran Asal Malaysia di Pelabuhan Nusantara Kota Pare-Pare

Latest Posts

Satpol PP Kab. Bone Mulai Mensosialisasikan Peraturan Bupati Bone Nomor 37 Tahun 2020

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone kembali mendapat tugas...

Menyambut HUT RI Ke 75, Satpol PP Kab. Bone Kibarkan Bendera Merah Putih Di Puncak Gunung Bahonlangi

Satpolpp.bone.go.id- Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone melaksanakan...

Satpol PP Kab. Bone Siap Sukseskan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Bersama Kodim/1407 Bone

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone siap dalam pelaksanaan...

Satpol PP Kab. Bone Siap Kerahkan Pasukan Pengamanan Idul Adha Di Mesjid Al-Markaz Al-Ma’arif

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone bersiap untuk...

Peduli Bencana Bone Utara, Satpol PP Kab. Bone Support Baznas Bone

Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone terus support...